bungokab.go.id - Dalam usaha mempercepat Penambahan Areal Tanam Baru (PATB), Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan semakin agresif dalam mencapai target yang diperoleh dari pemerintah pusat. Keagresifan inio diperoleh dari keseriusan dalam usaha memenuhi target tanam. Berbagai usaha telah dilakukan, mulai dari memberikan bantuan kepada lahan petani yang mengikuti program PATB Pajale, dan dalam usaha ini menyasar kepada lahan bukaan baru atau replanting perkebunan.


PATB Pajale ini menyasar ke lahan replanting perkebunan  didasarkan bahawa pajale (Padi Ladang, Jagung dan Kedelai) bisa dijadikan tanaman sela menjelang tanaman utama menghasilkan. Terdapat luasan lahan replanting dan lahan bukaan baru yang besar di Kabupaten Bungo. PT Tiga Saudara yang berlokasi di Kecamatan Muko Muko Bathin VII memiliki lahan bukaan baru seluas 75 Ha. PT ini bersedia untuk berkerja sama dengan kelompok tani dan Dinas TPHP dalam mengelola lahan bukkan barunya dengan komoditas pajale sebagai tanaman sela. Lahan selua 75 Ha, dikelola oleh 3 Kelompok Tani. Masing masing kelompok tani akan mendapatkan bantuan sejumlah 25 Kg/Ha benih Padi, dan bantuan herbisida, atau pupuk urea atau pupuk organik (pilihan sesuai dengan kebutuhan mereka).

Lahan yang dimiliki oleh PT 3 saudara ini telah dilakukan CPCL (Calon Petani Calon Lokasi) oleh petugas dari Dinas TPHP Kab. Bungo didampingi oleh Kepala Bidang Tanaman Pangan, Abdul Majid, S.Sos., M. Si dan Kepala Dinas TPHP, Muhammad Hasbi, SP., M. Si. Lahan ini direncanakan akan dilaksanakan tanam perdana pada senin, 30 April 2018. FS

: tanpa label

Share this Pos