Kamis, 05/04/2018 OPD 478 hits

bungokab.go.id - Pada tanggal 5 April 2018 Dinas Peternakan Kabupaten Bungo bekerja sama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi dan mahasiswa Kukerta Universitas Jambi mengadakan kegiatan pemeriksaan Reproduksi Ternak Lokal  di Dusun Teluk Pandak Kecamatan Tanah Sepenggal.

Kegiatan ini bertujuan untuk melihat status reproduksi sapi-sapi lokal yang ada pada masyarakat. Karena kenyataan dilapangan menunjukan bahwa kualitas sapi-sapi lokal kita menunjukan penurunan Body Condision Score (BCS) yang kurang baik.


Salah satu penyebabnya adalah terjadinya perkawinan antar garis keturunan (Inbreeding). Upaya Pemerintah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan cara perlakuan secara teknis perkawinan dan peningkatan kualitas pakan yang diberikan kepada ternak-ternak dilokasi tersebut. Teknis perkawinan yang akan kita laksanakan adalah dengan cara Inseminasi Buatan/kawin suntik. Sebelum dilakukan kawin suntik ternak induk yang sudah terseleksi (BCS ≥ 3 dan tidak bunting) kita berikan suntikan hormon. Diharapkan tiga hari kemudian akan muncul tanda-tanda birahi. Setelah muncul tanda-tanda tersebut baru dilakukan inseminasi buatan dengan bibit yang tersedia sapi bali. Apabila dua puluh satu hari kemudian sapi tersebut tidak menampakan tanda-tanda birahi maka indukan tersebut dinyatakan bunting.


Kegiatan ini merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas sapi-sapi lokal yang ada di Kabupaten Bungo. Dan kegiatan ini kedepan akan kita kembangkan pada kecamatan-kecamatan dalam Kabupaten Bungo



: tanpa label

___Galeri Video Terbaru___