Minggu, 29/07/2018 OPD 266 hits

bungokab.go.id - Kagiatan pengobatan terhadap ternak sapi oleh petugas medis yang ada di Kabupaten Bungo merupakan bentuk upaya bersama Pemerintah Kabupaten Bungo guna menyediakan daging yang sehat dan peningkatan produksi daging di Kabupaten Bungo. Pengobatan sendiri dilakukan apabila ada pengaduan langsung dari petani ternak maupun melalui kegiatan rutin yang di lakukan oleh Bidang Kesehatan Hewan (Keswan) di Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bungo.

Pada hari minggu, tanggal 29 Juli 2018 Kepala Bidang Kesehatan Hewan (drh. Sandi Putra) beserta staff melakukan pengobatan di beberapa tempat di Kecamatan Pelepat Ilir. Salah satunya di Dusun Karya Harapan Mukti pada peteni ternak Bapak Sarni melaporkan sebanyak 2 ekor sapi jenis Simental miliknya perlu pengobatan. Tindakan yang diberikan berupa pemberian Vitamin, Antibiotik dan Obat Cacing hal ini dilakukan karena 1 ekor sapi miliknya menderita Penyakit BEF (demam selama 3 hari) dan yang ke 2 menderita Penyakit Cacing berdasarkan ciri fisik yang ada.


Pengobatan yang kedua dilakukan di Dusun Bangun Harjo dengan Petani Ternak Sapi Bapak Paidi. Bapak Paidi memiliki 2 ekor sapi yakni Jenis Brahman dan Jenis Limosin yang dilaporkan memiliki beberapa ciri menderita sakit. Salah satu sapi milik Pak Paidi menderita Pneomoni dan satunya lagi Cacingan. Beberapa hal yang dapat dilakukan yakni pemberian Vitamin, Antibiotik dan Obat Cacing sesuai dengan Diagnosa penyakit diatas.

Diharapkan kedepannya para Petani Ternak Sapi sadar akan pentingnya pengaduan / melporkan ternak yang sakit kepada petugas medis (Dinas Peternakan dan Prikanan Kabupaetn Bungo) agar penanganan terhadap penyakit ternak dapat diatasi dengan segera dan tidak menimbulkan penularan terhadap ternak yang ada di daerah tersebut.

 

Kontak Pengaduan

Drh. Sandi Putra, Hp : 0812-26933689 (Kabid. Kesehatan Hewan)

Ir. H. Syaiful Azhar, ME, Hp : 0812-7851508 (Kadis Disnakkan)

: tanpa label

Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bungo

FACEBOOK HUMAS KABUPATEN BUNGO