Rabu, 25/07/2018 OPD 646 hits

bungokab.go.id - Sampah merupakan masalah yang umum dihadapi oleh masyarakat pada umumnya. Sampah yang tidak terkelola dengan baik akan menjadi tempat berkembangbiaknya kuman penyakit serta vektor penyakit. Selain itu sampah juga sebagai pencemar lingkungan yaitu pencemar terhadap air, tanah dan udara. Ketidaktahuan masyarakat dalam cara penanganan sampah membuat sampah menjadi sumber masalah dalam kehidupan. Masyarakat umumnya menganggap bahwa sampah harus dimusnahkan.


Salah satu Program Kerja dan Kegiatan Kuliah Kerja Usaha (KKU) Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Muara Bungo Posko 7 (tujuh) Tahun 2018 Dusun Purwasari Kecamatan Pelepat Ilir adalah menyelenggarakan acara sosialisasi kepada msyarakat dengan tema lingkungan hidup. Tema yang diangkat yaitu Pemilahan sampah dan Pemanfaatan Sampah menjadi Produk 3R serta Bank Sampah. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bungo turut menjadi pemateri dalam pelaksanaan sosialisasi yang dihadiri oleh warga masyarakat Dusun Purwasari Kec. Pelepat Ilir ini.


Penyampaian materi dilakukan oleh unsur dari Bidang Konservasi dan Sumber Daya Alam, yaitu Novi Haryati, ST dan Yunita Salmah Ritonga,S.Si. Materi yang disampaikan meliputi pembagian jenis sampah, pemilahan sampah serta pemanfaatan sampah organik dan an-organik. Dalam sosialisasi ini juga dijelaskan mengenai cara pembuatan pupuk kompos dari sampah organik, serta pemanfaatan sampah an-organik melalui Bank Sampah. Selain itu juga disampaikan kepada masyarakat dan perangkat Dusun Purwasari, jika Dusun ataupun RW/RT ingin membentuk Bank Sampah, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bungo siap membimbing sampai Bank Sampah tersebut dapat beroperasi sebagaimana mestinya.(ysr)

: tanpa label

___Galeri Video Terbaru___