bungukab.go.id - Selasa, 31 Juli 2018 Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bungo kedatangan Team Surveilance Nomor Kontrol Veteriner (NKV) dari Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Provinsi Jambi yakni Bidang Keswan-Kesmavet (Kesehatan Hewan-Kesehatan Masyarakat Veteriner). Kegiatan Surveilance sendiri dilakukan di dua tempat Hypermart Bungo dan Rumah Potong Hewan (RPH) Muara Bungo.

Nomor Kontrol Veteriner (NKV) adalah bukti tertulis berupa sertifikat yang sah dan telah memenuhi persyaratan higiene sanitasi sebagai kelayakan dasar jaminan keamanan pangan asal hewan pada unit usaha pangan asal hewan yang diterbitkan oleh pemerintah berdasarkan PP No. 28 Tahun 2004 dan Peraturan Menteri Pertanian No : 381/KPTS/OT.140/10/2005 Tentang Keamanan Mutu dan Gizi Pangan Asal Hewan.

Team Surveilance Nomor Kontrol Veteriner (NKV) yang diketuai oleh drh. Juli Supriono meninjau langsung ke Hypermart Bungo di bagian Pangan Asal Hewan. Dari hasil surveilance tersebut drh. Juli Supriono beserta staff menyampaikan bahwa terdapat peningkatan level dimana pada surveilance tahun 2017 Hypermart Bungo berada pada level 3 untuk tahun 2018 terjadi peningkatan ke level 2. Kemudian rombongan bergerak menuju Rumah Potong Hewan (RPH) Muara Bungo untuk surveilance disana yang pada saat itu bertepatan dengan  proses pelaksanaan pemotongan hewan. RPH sendiri tahun 2017 berada di level 4 dan untuk tahun 2018 ini terjadi peningkatan ke level 3.

Dengan adanya surveilance Nomor Kontrol Veteriner (NKV) diharakan terjadi peningkatan mutu dan gizi pangan asal hewan serta terpenuhinya persyaratan higiene sanitasi sebagai kelayakan dasar jaminan keamnan pangan asal hewan.

: tanpa label

Share this Pos