bungokab.go.id - Salah satu tugas dan fungsi Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bungo adalah menyediakan data kualitas lingkungan di wilayah Kabupaten Bungo.Pemantauan kualitas air sungai merupakan salah satu kegiatan seksi Pemantauan Kualitas Lingkungan pada Bidang Konservasi Sumber Daya Alam dalam penyediaan data kualitas lingkungan. Pemantauan kualitas airdilakukan minimal dua kali dalam satu tahun.


Pemantauan kualitas air sungai Batang Bungo yang dilakukan terdiri atas pengambilan sampel air dan pengujian kualitas air sungai tersebut. Tim pemantauan kualitas air dari seksi  Pemulihan Kualitas Lingkungan yang dikomandoi Darma Haryeni, STmelaksanakan pengambilan sampel yang dilakukan dengan menggunakan water sampler. Sedangkan pengujian kualitas air dilakukan dengan dua metode, yaitu pengujian secara on situ (pengujian langsung di lapangan) dan pengujian di laboratorium. Adapun parameter pengujian in situ meliputi pH, suhu, kekeruhan, dan DO. Sedangkan pengujian di laboratorium meliputi BOD,COD, TSS, TDS, minyak/lemak, amonia, nitrat, nitrit, dll.

Adapun titik pengambilan sampel dilakukan di sepanjang sungai Batang Bungo daei hulu ke hilir, yaitu di Dusun Karak, Dusun Rantau Pandan, Dusun Tanjung Agung, Dusun Sungai Arang, dan Kelurahan Tanjung Gedang. (ysr)

: tanpa label

Share this Pos