Bupati Bungo H. Sudirman Zaini, Rabu (5/8) menghadiri Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Lembaga Adat (LA) Kabupaten Bungo yang digelar dikantor Lembaga Adat Bungo. Pada kesempatan itu, Bupati juga sekaligus membuka acara resmi rapat kerja daerah. Dalam sambutannya, Bupati Bungo H. Sudirman Zaini mengatakan bahwa pemerintah daerah Bungo sangat mendukung perkembangan dan keberlangsungan adat ditengah masyarakat Bungo. "Adat juga sangat berperan dalam tatanan kemasyarakatan kita, oleh karena itu peran Lembaga Adat Melayu sangat penting dalam membina, mengembangkan dan melestarikan adat dengan segala bentuk fungsinya", ujar Bupati.

Dalam kesempatan itu, pemimpin nomor satu Bungo ini mengingatkan kepada nenek mamak selaku pemegang adat hendaknya terus ditingkatkan kejasama dengan pihak pemerintah. "Adat istiadat itu tidak ada bertentangan dengan peraturan, saya berharap eksistensi adat dan hukum adat dalam tatanan masyarakat", ungkap H. Sudirman Zaini.

Ia berharap agar kedepannya Lembaga Adat tidak hanya menjadi lembaga yang mengurusi prosesi perkawinan dan pemberian gelar saja, akan tetapi diharapkan menjadi lembaga yang memberika keamanan dan kepastian dalam hidup bermasyarakat sesuai dengan adat istiadat yang berlaku.

Rakerda tersebut juga dihadiri Oleh Sekda Bungo, H. Ridwan IS, Ketua Lembaga Adat Bungo, Mahmud, Ketua MUI Bungo, KH. Raden Usman Dung, Ketua TP PKK Bungo, Drg. Hj. Enny Wardhani Sudirman serta pengurus Lembaga Adat seluruh kecamatan yang ada dikabupaten Bungo.

: tanpa label

Share this Pos