Senin, 01/08/2016 Daerah 1753 hits


MUARA BUNGO - Bupati H. Mashuri (Hamas) dan Wabub H. Safrudin Dwi Apriyanto (Apri) hari ini bakal menyandang gelar adat. Hamas akan menyandang gelar adat Datuk Putro Arif Bijaksano Setiodirajo. Gelar ini disematkan setelah Ketua Lembaga Adat bersama delapan anggota pemangku adat melakukan musyawarah. Wakil Bupati Bungo Safrudin Dwi Aprianto juga akan digelar hari ini, Senin (1/8). Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini akan menyandang gelar Datuk Mangku Setio Mendaliko.


Ketua Lembaga Adat Kabupaten Bungo, Datuk Husin menyebut pemberian gelar ini merupakan bagian dari falsafah masyarakat di bumi ‘Langkah Serentak Limbai Seayun’. Gelar ini memiliki makna mendalam untuk menjaga dan memelihara para pemimpin, agar tidak melakukan tindakan yang membuat namanya buruk.


“Bejuluk beadeg, setiap nama memiliki makna, oleh karena itu perlu dijaga dan dipelihara sehingga tidak tercemar parilaku yang tidak sesuai dengan nama (jabatan) yang disandangnya,” kata Datuk Husin kepada awak media.


Ini sebutnya, juga bagian dari tindakan untuk menjaga kearifan lokal agar tetap melekat pada masyarakat Kabupaten Bungo.


Sejumlah undangan sudah disebar. Ribuan undangan bakal hadir di acara ini. Gubernur Jambi Zumi Zola, Bupati, Wali Kota dan Ketua DPRD seluruh wilayah dalam Provinsi Jambi tercatat sebagai undangan dan H. Sudirman Zaini, juga dikonfirmasi bakal hadir.


Usai acara, Bupati dan Wabup bakal diarak menuju rumah dinas. Arak-arakan akan dilakukan ke pasar sebelum akhirnya ke rumah dinas Bupati.

“Nanti pak Bupati dan Wabup akan diarak menuju rumah dinas. Pak Sudirman juga akan diantar kerumah pribadinya”, sebut Tafsir.

: tanpa label

___Galeri Video Terbaru___