bungokab.go.id - Dalam rangka memperingati HUT RI Ke-73 serta untuk menghormati jasa para pahlawan, Jajaran Pemerintah Kabupaten Bungo menggelar renungan suci, bertempat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Satria Negara, Jumat 17 Agustus 2018 pukul 00.00 WIB dini hari.

Turut hadir dalam acara suci tersebut, Bupati Bungo H Mashuri, Wakil Bupati Bungo H Safruddin Dwi Apriyanto, unsur Muspida, pelajar, pramuka, anggota TNI dan POLRI serta puluhan peserta lainnya.

Berdasarkan Pantauan delikjambi.com, terlihat suasana gelap gulita dan sunyi sehingga semakin menambah kekhidmatan renungan suci. Angin malam yang bertiup kencang tak mengurangi kekhidmatan acara.

Apel renungan suci yang digelar dini hari ini dipimpin oleh Kapolres Bungo AKBP Jose Murais. "Kami yang hadir dalam apel ini menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap bangsa," ucap AKBP Jose Murais.

"Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara adalah perjuangan kami pula. Jalan kebaktian yang saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga. Semoga arwah saudara diterima Tuhan YME dan dapat tempat sewajarnya," imbuhnya.

Usai pembacaan doa, apel tahunan jelang peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 ditutup. Seluruh peserta apel meninggalkan kompleks TMP Stria Negara secara serentak.

Sementara itu, Bupati Bungo H Mashuri saat diwawancarai awak media mengatakan, renungan suci ini adalah kegiatan rutin setiap tahunnya, hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan kita sebagai bangsa Indonesia kepada Para Pahlawan yang dulunya mempertaruhkan nyawa untuk merebut kemerdekaan dari para penjajah

“Pemahamannya dan hikmah yang dapat kita ambil pada saat ini, adalah bagaimana kita selaku rakyat Indonesia yang telah menikmati kemerdekaan ini, hendaknya bukan hanya mengenang jasa para pahlawan bangsa dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan ini, namun kita sebagai bangsa yang besar kita harus menghargai serta menerapkan nilai-nilai kepahlawan yang telah dicontohkan oleh para pahlawan,” ujar Bupati Bungo H Mashuri, saat diwawancarai awak media Usai renungan suci di TMP Satri Negara.

“Semoga kedepan kita selaku bangsa Indonesia semakin dapat meningkatkan rasa Nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan berbangsa dan bertanah air,” pungkasnya.

: tanpa label

Share this Pos