Rabu, 20/03/2019 OPD 159 hits

          Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bungo bersama Koordinator Tekhnis Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Jambi pekan lalu Rabu (23/01) melakukan kegiatan pengendalian penyakit mati meranggas pada tanaman duku di Dusun Panjang Kecamatan Tanah Tumbuh dan Dusun Tanah Bekali Kecamatan Tanah sepenggal. Kegiatan ini juga dihadiri Kadis TPHP Muhammad Hasbi, SP.M.Si, Perwakilan Rio Dusun Panjang, Dusun Tanah Bekali dan para petani tanaman duku daerah setempat.

          Tanaman duku mati diserang jamur pytophora palmira sudah mencapai ratusan batang duku berumur 30 tahun dari 1000 ha sejak tahun 2017 hingga tahun 2019 ini. Maka dari itu kegiatan pencegahan matinya tanaman duku dilaksanakan dengan teknik pengendalian penyakit pytophora dengan cara : pemberian mikoriza, pemberian Trichkompos, Penyiraman hasil fermentasi serbuk gergaji bulian pada lubang bekas pembongkaran, aplikasi belerang, dan penggunaan bubur bordo/bubur california.

           Dalam kesempatan ini Kadis TPHP mengatakan bahwa Kecamatan Tanah Tumbuh dan Tanah Sepenggal termasuk sentra tanaman duku pada Kabupaten Bungo. Komoditi duku merupakan andalan Kabupaten Bungo dan sumber penambah pendapatan petani. Tanaman duku yang diserang jamur pytophora palmira ini sangat mematikan. Bila sudah terserang maka tidak ada kemungkinan tanaman duku itu mampu bertahan hidup. Dalam kesempatan kali ini beliau sangat khawatir jika pengendalian penyakit mati meranggas ini tidak dilakukan, akan semakin banyak tanaman duku terancam punah.

: tanpa label

Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bungo

FACEBOOK HUMAS KABUPATEN BUNGO