Kamis, 09/05/2019 OPD 495 hits

Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bungo melakukan panen cabe merah Pada Hari  Selasa, (23/04) dikelompok Tani Sungai Pangkah Dusun Rantau Duku Kecamatan Rantau pandan seluas ± 0,5 ha/ sekitar ± 6000 batang cabe jenis TM 99. Kegiatan ini dihadiri oleh Muhammad Hasbi, SP.M.Si selaku Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bungo, Koordinator Penyuluh Pertanian, Penyuluh Pertanian Lapangan di Kecamatan Rantau Pandan beserta Rio Dusun Rantau Duku dan Petani daerah setempat.

Pada Acara panen cabe merah ini, Kadis TPHP menyerahkan bantuan obat-obatan yang berupa : fungisida kepada ketua kelompok tani Sungai Pangkah Dusun Rantau Duku Kecamatan Rantau Pandan, dengan harapan petani dapat mengendalikan Organisme PegangguTanaman (OPT) pada tanaman cabe merah. Pada tahun 2018 kelompok tani Sungai Pangkah Kecamatan Rantau Pandan telah melakukan panen cabe merah perdana. Bibit cabe kelompok tani sungai pangkah Dusun Rantau Duku Kecamatan Rantau Pandan merupakan bantuan kegiatan pengembangan sayuran dan tanaman obat dari APBN I Provinsi dengan luas 1 ha yang berupa saprodi lengkap yaitu antara lain : bibit cabe, mulsa, pupuk cair organik, fungisida, dan insektisida. Dalam Acara panen yang kedua kali , petani telah menghasilkan cabe merah sebanyak 100 kg dengan harga cabe merah saait ini yang berkisar Rp.20.000, hingga Rp25.000,- / Kg.

Dengan adanya panen cabe merah yang dilakukan berkali-kali ini dapat menggambarkan bahwa Kecamatan Rantau Pandan Kabupaten Bungo merupakan sentra tanam cabe merah dan juga memiliki potensi lahan yang cukup memadai. Bertanam cabe merah sekitar 5 ha setiap tahunnya dengan produksi setiap 1 ha berkisar antara 5-7 ton/ha.


: tanpa label

___Galeri Video Terbaru___