Rabu, 28/11/2018 OPD 103 hits

Penanaman Pohon

Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2018, PLN menanam 22.000 pohon di wilayah-wilayah operasional PLN, Rabu 28 November 2018


Aksi ini dilakukan serentak oleh 22 unit kerja PLN se-Indonesia, dengan Total dana yang digelontorkan PLN Peduli untuk penanaman 22.000 pohon sebesar Rp 3,19 miliar. Dana tersebut selain untuk penanaman pohon, dipergunakan pula untuk pemeliharaan pohon agar tetap tumbuh dengan baik. Adapun untuk PLN UP3 Muara Bungo, menanam sebanyak 20 pohon di Taman Tampoenek Muara Bungo.


Berdasarkan pantauan di lapangan, Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati Bungo, H. Safruddin Dwi Apriyanto. Manager PLN UP3 Muara Bungo Ridwan Adam, Jajaran Manager Bagian dan Manager ULP Muara Bungo, unsur Forkopimda Kabupaten Bungo dan beberapa kepala OPD Bungo.



Dalam sambutannya, Manager PLN UP3 Muara Bungo Ridwan Adam mengatakan, Berdasarkan keputusan presiden RI Nomor 24 Tahun 2008 telah ditetapkan bahwa tanggal 28 November sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI).

 Menyikapi hal tersebut, PT. PLN (Persero) sebagai lembaga BUMN bersinergi dengan peraturan pemerintah untuk melakukan penanaman pohon serentak seluruh PT.PLN (Persero) se-Indonesia secara keseluruhan melakukan penanaman pohon produktif sebanyak 22.000 pohon yang ditanam tersebar seluruh Indonesia.


Bertambahnya pohon akan menambah jumlah oksigen, yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Menanam pohon, kata Ridwan Adam juga dapat mengurangi abrasi pantai. Program penanaman pohon ini bertujuan meningkatkan kepedulian masyarakat, untuk ikut menjaga lingkungan karena kegiatan ini melibatkan masyarakat dan stakeholder PLN.

 

Selain itu, kumpulan pohon-pohon dalam areal hutan tertentu dapat berfungsi sebagai tandon air alami, sehingga mampu mengatur kelimpahan air. Daerah Hutan yang baik tidak akan kelebihan air saat musim hujan, dan tidak kekurangan air saat musim kemarau serta mengurangi resiko banjir.

 

“Pohon juga sangat bermanfaat baik secara sosial. Pohon menciptakan keindahan, kesejukan, dan ketenangan sehingga pohon mampu meningkatkan kualitas hidup bagi yang tinggal di dekatnya. Di samping manfaat untuk manusia, pohon pun memiliki fungsi penting bagi makhluk hidup lainnya. Pohon dapat berfungsi sebagai tempat tinggal berbagai jenis satwa, tempat satwa mencari makan, tempat satwa bermain, dan tempat satwa berkembang biak,” paparnya.

 

Lebih lanjut Ridwan Adam berharap bahwa penanaman ini akan banyak memberikan manfaat secara langsung maupun tidak langsung bagi kehidupan manusia. Monitoring perlu kita dilakukan agar penanaman pohon ini tidak hanya terhitung dari jumlah pohon yang ditanam, melainkan dapat dihitung dari pohon yang tumbuh dan berkembang dengan baik.

 

“Semoga, ketika kelak generasi yg memimpin bangsa ini dapat mengarahkan kebijakan-kebijakan untuk tujuan kelestarian lingkungan. Begitu pula peran edukasi Para orang tua bagi anak-anaknya dalam menjaga kelestarian lingkungan. Salah satunya dengan menanam pohon di sekeliling rumah,” Harapnya.

 

“Begitu berartinya pohon bagi kehidupan umat manusia, Insya Allah pahala akan mengalir tiada hentinya selama pohon itu masih bermanfaat bagi insan lainnya,”lanjut Ridwan Adam.


Video Liputan Bungo TV | Video Liputan BVS TV


Sementara itu, Wakil Bupati Bungo Safruddi Dwi Apriyanto sangat mengapresiasi atas program ‘PLN Peduli’ khususnya peduli lingkungan. Melalui kegiatan ini, diharapkan peran dan fungsi program penghijauan dapat berjalan secara berkelanjutan.


 


“Tanaman produktif tidak hanya membuat lingkungan menjadi hijau, namun diharapkan juga memberi nilai tambah ekonomi. Jika kita berbuat baik kepada alam, maka kebaikan akan kembali kepada kita,” ujar Wakil Bupati Bungo Safruddi Dwi Apriyanto, usai acara, Rabu (28/11).


“Trimakasih PLN UP3 Muara Bungo, telah mau mengarahkan dana demi pengembangan pembangunan Taman Tampoenek Muara Bungo. Hal ini pasti sangat berguna dan bermaanfaat dalam meenunjang sarana tempat wisata yang nantinya akan dipusatkan di Taman tersebut, sekali lagi terimakasih PLN,” pungkasnya.


Sumber Berita



: tanpa label