Kamis 25082022

Bupati Bungo melantik 7 Datuk Rio periode 2022-2028. di kecamatan Limbur lubuk mengkuang, Kabupaten Bungo.


Pelantikan dan pengukuhan gelar adat berlangsung di lapangan sepak bola, dusun Tebo jaya, Kecamatan Limbur lubuk mengkuang, Kabupaten Bungo,


Hadir dalam pelantikan tersebut wakil Bupati Bungo H.Safrudin Dwi Aprianto, Anggota DPRD Bungo dari Fraksi PKS Dharmawan F. Danramil, Kapolsek Limbur lubuk mengkuang, staf ahli Bupati, asisten, kepala OPD,para Kabag, camat Se Kabupaten Bungo, ketua TP PKK, ketua GOW, ketua DWP, wakil ketua lembaga adat Kabupaten Bungo ,Datuk Rio se kecamatan Limbur lubuk mengkuang, ketua BPD beserta perangkatnya, serta masyarakat dusun limbur Lubuk mengkuang.


Diawali dengan sumpah jabatan yang diambil oleh Bupati Bungo, serta kehormatan kecamatan fakta integritas Rio, dan dilanjutkan dengan Pelantikan TP PKK dalam 7 dusun yang ada di Kecamatan limbur Lubuk mengkuang, dilanjutkan dengan gelar pengukuhan adat oleh ketua lembaga adat Limbur lubuk mengkuang, dilanjutkan dengan kepala kerbau dari 7 Datuk Rio kepada Bupati Bungo.


Dalam pelantikan Datuk Rio ini terdapat 2 Dusun yang di Lantik sebagai pengantar antar waktu (PAW) oleh Bupati Bungo yakni dusun Pauh agung dan dusun lubuk tanah terban.


Berikut nama-nama gelar adat yang diberikan oleh ketua lembaga adat kecamatan Limbur lubuk mengkuang kepada 7 Datuk Rio diantaranya.


1. Zulkarya Datuk Rio dusun Tebo jaya di beri gelar adat sebagai Rio Setio.

2. Sumar K. Datuk Rio Dusun Tanjung Bungo di beri gelar adat sebagai Rio Pengabih.

3. Zubir R. Datuk Rio Dusun Rantau Tipu di beri gelar adat sebagai Rio Pamuko.

4. Adi Agusnadi Datuk Rio Dusun Sekar mengkuang di beri gelar adat sebagai Rio Bungsu.

5. Andi Arisma Datuk Rio Dusun pemunyian di beri gelar adat sebagai Rio temanggung

6. Zulwajdi (PAW) Datuk Rio Dusun Pauh Agung di beri gelar adat sebagai Rio Manaro

7. Abdul Rosid (PAW) Datuk Rio Lubuk Tanah Reban di beri gelar adat sebagai Rio Mudo Gubalo.


Dalam pelantikan ini wakil Bupati Bungo H Safrudin Dwi Aprianto,S.Pd menerima sambutan dari Bupati Bungo H.Mashuri.SP.ME.


Dalam sambutannya Wabup mengucapkan, selamat kepada 7 Datuk Rio di kecamatan Limbur lubuk mengkuang periode 2022-2028. Semoga habis dilantiknya Datuk Rio sebagai pemimpin dusun bisa membawa dusunnya maju dan bekerja sama dengan perangkat desa dan masyarakat.


"Selamat kepada Datuk Rio yang di Lantik hari ini, ini mulai awal Datuk Rio bekerja untuk masyarakat nya dusun masing-masing,"Ujar Wabup.


Wabup meminta kepada Datuk Rio yang dilantik hari ini bisa bekerja semaksimal mungkin, jika ragu silahkan konfirmasi ke camat atau pihak kabupaten dalam hal ini dinas PMD sebagai leading sektor.


"Bekerjalah dengan ikhlas, insya Allah apa yang kita kerjakan akan membawa berkah kepada masyarakat yang diberikan oleh Allah SWT," kata wakil Bupati Bungo dalam sambutannya.


Para Datuk Rio tadi di sumpah yang disaksikan seluruh masyarakat dan disaksikan oleh Allah swt, sumpah tersebut tidak akan dijadikan mainan oleh para Rio ini.


Sumpah tadi bukan utama disaksikan oleh ratusan masyarakat, sumpah tersebut juga disaksikan oleh Allah SWT, oleh karena itu saya meminta kepada Datuk Rio untuk bekerja sama antara Datuk Rio dengan perangkat dusun serta masyarakat, agar pembangunan dusun yang kita pimpin ini bisa maju lebih baik lagi,"Ucap Wabup. *(bski)*

: tanpa label

Share this Pos