Jumat 07042023

Pemerintah Daerah Kabupaten Bungo memperingati malam Nuzulul Qur'an denah penuh hikmah.


Malam Nuzulul Qur'an atau malam turunnya Al-Qur'an itu diperingati tiap malam ke-17 Bulan Ramadhan.


Mewakili Bupati, Pemerintah Daerah Kabupaten Bungo dihadiri langsung Oleh Wakil Bupati Bungo H.Safrudin Dwi Aprianto.,S.Pd, staf ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, Kabag, Kemenag Bungo, Ketua MUI, ketua NU, ketua LAM, Ketua Muhammadiyah, Ketua BAZNAS, Ketua TP PKK Kabupaten Bungo, Ketua GOW, Ketua Dharmawanita, serta para tamu undangan yang lainnya.


Di malam Nuzulul Qur'an itu menghadirkan tausiyah agama yang disampaikan oleh Al Ustadz Muhtarom.


Wakil Bupati H. Safrudin Dwi Aprianto,S.Pd menyampaikan, kiranya malam ke-17 ramadhan ini semua mendapatkan kesehatan yang maghfirah hingga akhir Ramadhan.


"Sebagaimana kita ketahui bahwa peringatan Malam Nuzulul Qur'an merupakan peringatan turunnya Al-Qur'an untuk pertama kali di muka bumi, Alquran selain berisi syariat Islam, ajaran, nilai, moral dan petunjuk bagi umat manusia, selain itu juga merupakan sumber inspirasi nilai-nilai sosial yang bersifat universal, sebagai sumber peradaban, Alquran tetap menjadi tuntunan dan pegangan sepanjang masa sesuai dengan perkembangan zaman,"Ujar sambutan Wakil Bupati.


Kabupaten Bungo dengan penganut Islam terbesar di banding dengan penganut agama lain, harus mampu buka jalan sejarah, membangun kembali peradaban yang mulia, sekaligus menemukan nilai-nilai keagungan Al-Qur'an yang dapat dijadikan sebagai pijakan dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam penyelenggaraan pembangunan.


"Al-Qur'an mengajarkan kita untuk membaca sebagai kunci. Sebagaimana kita ketahui bersama, Alquran yang turun pertama kali yang tertuang di dalam surat al-alaq ayat 1-5 mengandung perintah kepada umat manusia untuk membaca. Kita semua memahami bahwa membaca adalah proses awal pencarian ilmu pengetahuan. Membaca menjadi pembuka pintu gerbang, pengembangan cakrawala,dan penguasaan ilmu dan teknologi.,"Katanya, di Mesjid Agung Al-Mubarak.


Selain mendorong untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, Al-Qur'an juga mengajarkan umat Islam menjadi Khaira ummah, umat yang terbaik dan utama, umat yang selalu menganjurkan untuk berbuat kebaikan dan mencegah membuat kemungkaran, serta pandai bersyukur atas nikmat yang di anugerahkan oleh Allah Swt.


"Selain itu Al-Qur'an juga menyuruh kita untuk bersatu padu di jalan Allah Swt dan melarang kita bercerai berai,"Tutup Wakil Bupati Bungo H.Safrudin Dwi Aprianto,S.Pd.  *(eq)*

: tanpa label

Share this Pos