Jum'at 10112023

Bupati Bungo H.Mahsuri.S.P.M.E secara langsung melakukan penandatanganan dan penyerahan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) secara serentak se Kabupaten Bungo. yang menjadi salah satu penanda kesiapan melaksanakan tahapan pilkada di Bungo, terkait anggaran untuk kebutuhan Pilkada 2024 yang sudah tersedia. Penyerahan dilakukan di Ruang Pola Kantor Bupati Bungo, 


Plt Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Bungo Zainadi melaporkan rincian alokasi anggaran pemilu serentak 2024 yang meliputi;


1. KPU Kabupaten Bungo sebesar Rp. 27.555.000.000 dimana untuk tahap 1 anggaran tahun 2023 dengan persentase 40% dari nilai NPHD sebesar Rp.11.022.000.000, untuk tahap ke II APBD tahun anggaran 2024 dengan persentase 60% dari NPHD sebesar Rp.16.533.000.000 dan di cairkan paling lama 5 bulan sebelum hari pemungutan suara.


Sedangkan untuk Bawaslu Kabupaten Bungo sebesar Rp.12.834.557.000 dengan rincian sebagai berikut, Tahap 1 untuk APBD tahun anggaran 2023 dengan persentase 40% dari nilai NPHD sebesar, Rp. 5.133.822.800 dan di cairkan paling lama 14 hari kerja terhitung setelah penandatanganan NPHD., tahap ke II APBD tahun anggaran 2024 dengan persentase 60% dari nilai NPHD sebesar Rp.7.700.734.200 dan di cairkan paling lama 5 bulan sebelum hari pemungutan suara.


Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Bungo, Dandim 0416 Bute, Kapolres Bungo, Kejaksaan negeri, pengadilan agama, kepala OPD, Para Camat, dan para ketua Parpol.


Sementara itu Bupati Bungo menekankan, pemilu dan pilkada adalah pesta rakyat, maka sewajarnya semua pihak termasuk masyarakat memiliki peran dan bertanggung jawab untuk menyukseskan pelaksanaan pemilu dan pilkada. Untuk itu, penting adanya cooling system yaitu sistem pendinginan yang dalam mengelola perbedaan-perbedaan, sehingga tidak terjadi keterbelahan di masyarakat apalagi terjadi konflik terbuka, sehingga tujuan dari pemilu dan pilkada di antaranya adalah melanjutkan kesinambungan pemerintahan, pembangunan tercapai dan bergerak maju.


"Saya percaya, kita semua sepakat untuk tidak memberikan ruang kepada oknum atau kelompok yang tidak menginginkan pemilu dan pilkada yang aman dan damai. Masyarakat di Bungo adalah masyarakat yang damai. ketika mengakhiri suatu kegiatan, merupakan pesan perdamaian yang luar biasa, berdamai dengan diri kita, dengan lingkungan kita, dan selalu berdamai. Pemahaman tentang hal ini merupakan modal dasar dan utama untuk tidak ada konflik, tidak ada permusuhan atau niat buruk terhadap orang lain tanpa melihat perbedaan pandangan, partai, dan pilihan,” ujarnya.


Lebih jauh, Bupati juga menekankan, dalam pelaksanaan pemilu dan pilkada yang akan kita hadapi di tahun 2024 nanti, setidaknya ada empat kunci sukses yang menjadi faktor utama. Pertama faktor penyelenggara pemilu dan pilkada, dalam hal ini adalah KPU dan Bawaslu untuk menjaga integritas dan netralitas. Kedua faktor peserta pemilu, dalam hal ini terdiri atas partai politik peserta pemilu bersama para calon legislatif dan calon kepala daerah, dalam hal mana peserta pemilu juga dituntut memiliki integritas, patuh dan taat terhadap regulasi yang ada serta tidak memantik politik sara/identitas. Ketiga faktor masyarakat atau pemilih yang juga harus memiliki integritas, karena seorang pemilih memiliki hak yang dijamin oleh undang-undang yang harus digunakan dengan penuh tanggung jawab. Keempat, adalah faktor stakeholder seperti Kepolisian, TNI, ASN dan aparat lainnya yang harus menjaga netralitasnya.


Dikatakannya lagi ,Bupati Bungo mengajak kita semua mari kita sukseskan pemilu serentak 2024 nanti dengan. damai,"Ucapnya.


Ini menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Bungo, dan kita siapkan anggaran sebesar 40% untuk KPU dan 60% untuk Bawaslu.


Bupati menjelaskan, Kabupaten Bungo saat ini juga sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti penyelenggaraan pemilu 2024 nanti, dan Kabupaten Bungo merupakan satu-satunya Kabupaten yang anggarannya besar untuk pemilu serentak 2024, dan juga satu-satu Kabupaten yang tidak mempunyai permasalahan dalam mengahadapi pemilu serentak 2024, sedangkan di daerah lain sampai saat ini belum mempunyai besaran dana yang harus di persiapkan,"Tutupnya. *(eq)*

: tanpa label

Share this Pos