Selasa 12122023

Pemerintah Kabupaten Bungo bersama Dinas Tanaman Pangan Hortikultura & Perkebunan Kabupaten Bungo menyerahkan alat alsintan berupa alat Hand traktor.


Alat bantuan tersebut di berikan untuk para kelompok TanI yang berada di 3 dusun dalam Kecamatan Rantau pandan, diantaranya kelompok tani Tunas Baru Dusun Rantau Duku, Kelompok Tani Apung jaya, Dusun Rantau Pandan, Kelompok Tani Sungai Talang, dan Dusun Lubuk Kayu aro.


Ikut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas, Camat Rantau Pandan, Ketua TP PKK Kabupaten Bungo, Para Datuk Rio, Ketua BPD serta para kelompok tani.


Bupati Bungo H.Mashuri.S.P.M.E dalam sambutannya mengatakan, izinkan "saya atas nama pemerintah daerah, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas penyelenggaraan kegiatan kita pada hari 



ini, yaitu Penyerahan Alat Mesin Pertanian (Hand Tractor, Cultivator, dan Power Thresser) yang Bersumber dari Dana Insentif Fiskal (DIF) Tahun 2023 kepada 3 Kelompok Tani di Kecamatan Ranta Pandan,"Katanya.



Semoga kegiatan yang kita laksanakan hari ini memberikan kontribusi terbaik bagi kebaikan dan kemaslahatan

masyarakat di Bumi Langkah Serentak Limbai Seayun, Kabupaten Bungo yang 

kita cintai ini. 




"Hal ini sudah barang tentu diharapkan dapat memberikan sumbangan yang berarti bagi upaya kita bersama untuk mewujudkan Visi Bungo Maju dan Sejahtera (Master) 2026.,"Jelasnya 



Perkembangan ekonomi di Kabupaten 

Bungo selama 3 bulan terakhir, diwarnai 

oleh inflasi (September Inflasi 0,35%,

Oktober Inflasi 0,04%, dan November 

Inflasi 0,81%). Kondisi ini tentu membuat kita prihatin, karena menyebabkan sulitnya kehidupan ekonomi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, khususnya dalam pembelian bahan pangan, terutama beras dan cabai merah,




Yang harganya cenderung meningkat dari waktu ke waktu.


Bupati menambahkan, "Dalam rangka

menciptakan kehidupan ekonomi masyarakat yang

senantiasa tumbuh dan berkembang itu, kita tentu memerlukan sebanyak mungkinkegiatan (arena) yang memberi peluang kepada masyarakat untuk senantiasa dapat memenuhi kebutuhan pokok dan penting sehari-hari."tambahnya.


Kegiatan Penyerahan Alsintan

(Hand Tractor, Cultivator, dan Power Thresser) pada hari ini, merupakan bentuk komitmen pemerintah daerah dalam rangka membantu dan memberikan dukungan kepada petani, guna mengolah dan mengelola lahan pertanian, sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan yang sifatnya produktif.


"Kita tentu prihatin bahwa saat ini masih terdapat beberapa dusun yang terkategori rawan pangan di Kabupaten Bungo. Berdasarkan Peta Ketahanan 

dan Kerentanan Pangan Kabupaten 

Bungo Tahun 2022, terdapat 11 Dusun 

Rawan Pangan Prioritas II, 24 Dusun 

Rawan Pangan Prioritas III, dan tidak 

terdapat Dusun Rawan Pangan Prioritas I di Kabupaten Bungo.,"Ucapnya. *(eq)*

: tanpa label

Share this Pos