Kamis 28122023

Pemerintah daerah Kabupaten Bungo bersama Badan Amil Zakat Nasional ( BAZNAS) dan Dinas kesehatan Kabupaten Bungo menyalurkan bantuan pemberian makanan tambahan (PMT) untuk balita Stunting dan Ibu Hamil.


Acara itu berlangsung di gedung serba guna Dusun Sungai Mengkuang, Kecamatan Rimbo Tengah, Kabupaten Bungo, 


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo Dr.Safarudin Matondang,M.Ph menyebutkan, kegiatan Stunting ini akan dilaksanakan di seluruh kecamatan di Kabupaten Bungo yang akan diserahkan langsung oleh Bapak Bupati.


"Dimulai hari ini kita awali dari sungai Mengkuang, karena kesibukan Bapak Bupati tentunya nanti sesudah tahun baru akan juga diserahkan dengan acara serupa ini di beberapa tempat lainnya,"Ujarnya


Hari ini akan diserahkan kepada 234 orang penderita bayi Stunting yang tidak mampu dan ditambah lagi nanti sisanya menjadi total 336  orang untuk semua stunting. 


"Ini merupakan untuk mendukung membantu pada proses percepatan penurunan angkatan Stunting sesuai dengan angka Stunting, dan harapan kita semua mudah-mudahan ini bermanfaat untuk kita semua.,"Katanya.


Sementara itu Bupati Bungo  H.Mashuri.S.P.M.E mengatakan, Stunting ini merupakan fokus yang perlu dipentaskan di Republik ini, daftar target stunting di 2024 di target oleh secara nasional itu sebesar 14%, mudah-mudahan di Indonesia begitu juga angka terakhir di Kabupaten Bungo yang diterima sebesar  berkisaran angka 15,2%.,"Kata Bupati.


Bupati menambahkan, selain data stunting yang rawan terjadi pada anak-anak  di kawasan tempat tinggal.


"Stunting ini memang dimulai dari awal perkawinan, dan ibu hamil perlu dijaga, selain itu juga  faktor kelahiran anak banyak faktor yang mempengaruhi psikologisnya.tambahnya.



Bupati meminta kepada ibu yang hamil agar rutin memeriksa kandungannya ke rumah sakit, puskesmas maupun ke posyandu yang terdekat, agar rahim anak yang di lahirkan bisa sehat jasmani dan rohani nya.



Ia menjelaskan, Pemkab Bungo bergotong royong bersama BAZNAS untuk ikut serta membantu Stunting di Kabupaten Bungo,  alhamdulillah BAZNAS juga membantu tambahan paket makanan untuk anak-anak stunting.


" Selain itu kita juga memberikan kesadaran kepada masyarakat kita Untuk memanfaatkan pekarangan-pekarangan yang kita beri bantuan  berupa bibit-bibit sayuran, dan itu diberikan kepada masyarakat yang terkena Stunting.


Sejauh ini data stunting di Kabupaten Bungo dari 336 jadi sekarang tinggal 266 orang, nanti kita lihat perkembangannya.,"Pungkasnya. *(eq)*

: tanpa label

Share this Pos