bungokab.go.id - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bungo melalui Bidang Konservasi Sumber Daya Alam, memiliki program pengendalian pencemaran dan perusakan lingkungan hidup dengan kegiatan pemantauan kualitas lingkungan.


Kegiatan pemantauan kualitas lingkungan yang dilakukan pada tanggal 23  April 2018 s.d 25 April 2018 yaitu melakukan pengambilan dan pengujian sampel air anak sungai Batang Jujuhan yang telah dilakukan oleh Kepala seksi pemulihan kualitas lingkungan, Darma Haryeni, ST beserta pelaksana teknis lainnya bidang KSDA Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bungo.

Terhadap sampel air anak sungai yang diambil akan diuji secara in situ (pengujian langsung di lapangan) dan pengujian lebih lanjut di laboratorium Dinas Lingkungan Hidup Kab. Bungo.


Adapun parameter yang dapat diuji langsung di lapangan adalah tingkat keasaman atau basa air (pH), kekeruhan (turbidity), suhu, dan Oksigen terlarut (dissolved oxygen). Sedangkan parameter lanjutan yang dilakukan di laboratorium Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bungo adalah Kebutuhan oksigen biologi (Biologycal Oxygen Demand/BOD), kebuuhan oksigen kimiawi (Chemical Oxygen Demand/COD), padatan terlarut tersuspensi (Total Suspended Solid/TSS), padatan terlarut total (Total Dissolved Solid/TDS), Minyak/lemak, nitrit (NO3-) dan amoniak (NH3).

Hasil pengujian laboratorium tidak dapat langsung diketahui, karena beberapa parameter seperti COD,BOD, minyak/lemak harus mendapatkan tindakan tambahan di laboratorium terlebih dahulu agar dapat dianalisa lebih lanjut.

: tanpa label

Share this Pos