Selasa 26072022

Wakil Bupati Bungo H.Safdudin Dwi Aprianto,S.Pd menghadiri acara Launching Dasar (Dapur Sehat) Stunting di Dusun Lubuk, Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo.


Turut hadir dalam acara launching Dasar, Staf ahli Bupati, Asisten, Kepala dinas Sosial, Plt Camat Pelepat Ilir ,Kapolsek Pelepat Ilir, Danramil, Datuk Rio, serta perangkat dusun Lubuk.


Wakil Bupati Bungo H.Safrudin Dwi Aprianto,S.Pd dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah telah berkomitmen untuk mempercepat penurunan prevalensi stunting 14% tahun 2026, sebagaimana yang dituangkan dalam RPJMD Kabupaten Bungo tahun 2021-2026.


"Oleh karena itu, Pemerintah daerah Kabupaten Bungo melalui Dinas Sosial P2KB dan P3A bersama-sama OPD lainnya mengadopsi sebuah rencana kegiatan yang disebut Dapur Sehat Atasi Stunting (DAHSAT) dengan memilih kampung KB atau Kampung berkualitas yakni Dusun Lubuk Kecamatan Pelepat Ilir.,"Ujar Wakil Bupati dalam sambutannya.


DASHAT diartikan sebagai kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga beresiko stunting yakni Catin, Bumil, Busui, Baduta/Balita stunting terutama dari keluarga kurang mampu. Melalui pemanfaatan sumberdaya.



Bahan pangan lokal yang bergizi dan terjangkau serta cita rasa yang sesuai dengan selera. DAHSAT secara khusus bertujuan:

• menyediakan makanan sehat dan bergizi

• Komunikasi Informasi dan Edukasi [KIE] GIZI

• Meningkatkan keterampilan kelompok usaha keluarga/masyarakat Mengolah, mendistribusikan dan memasarkan makanan bergizi seimbang.

• Memberdayakan ekonomi masyarakat berbasis sumberdaya lokal. munculnya kelompok


• Menstimulasi

keluarga/masyarakat lokal yang berkelanjutan.


"Saya menghimbau, bahwa suksesnya Dapur Sehat Anti Stunting ini harus kerja keras dan sungguh-sungguh, sehingga tidak sekedar simbol. Bentuk Kesungguhan tersebut antara lain dengan memanfaat


para ahli yang ada, seperti ahli gizi dan ahli pertanian, baik yang ada di kecamatan ataupun dikabupaten. Sehingga jenis makanan yang disediakan mengadung mikro dan makro nutrien yang terukur stunting, serta sebagai asupan pencegahan memanfaatkan pekarangannya dengan sumber pangan bergizi sesuai dengan prinsip teknologi pertanian. Semoga melalui - acara ini, kita semua dapat mengambil hikmah dan dapat bergerak lebih cepat lagi sehingga penurunan stunting di Kabupaten Bungo

betul-betul terwujud,"Katanya


Sementara itu Plt Camat Pelepat Ilir juga mengatakan dalam sambutannya, terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Bungo yang telah menunjuk Dusun Lubuk sebagai tempat Launching Dasar (Dapur Sehat) Stunting tahun 2022.


"Semoga dengan adanya acara ini dusun Lubuk bisa menjalankan program Dasat dalam upaya pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga beresiko stunting yakni Catin, Bumil, Busui, Baduta/Balita stunting terutama dari keluarga kurang mampu. Melalui pemanfaatan sumberdaya,"Katanya singkat.*(bski)*

: tanpa label

Share this Pos