Selasa 16052023

Bupati Bungo H.Mashuri.S.P.ME bersama Wakil Bupati H.Safrudin Dwi Aprianto,S.Pd mengikuti tanam cabai perdana di Poktan ( Kelompok tani)  Bungo Dani.


Dalam kegiatan panen cabai tersebut yang diikuti oleh kepala Dinas tanaman pangan hortikultura dan perkebunan Kabupaten Bungo Muhammad Hasbi,S.P.,M.Si, Kepala dinas Ketahanan Pangan Sofyan Ma'as, staf ahli Bupati, Asisten, Plt.Camat Muko-Muko Bathin VII Septian Arifin, Datuk Rio Sukajaya Muhammad Umar Gandi, Ketua BPD, dan kelompok tani Bungo Dani.


Didalam tanam cabai tersebut Bupati Bungo dan kepala Dinas TPH & Perkebunan menyerahkan Alsintan, penyerahan bibit sayur-sayuran, dan penyerahan pupuk NPK kepada kelompok tani.


Bupati Bungo H.Mashuri.S.P.M.E dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Dinas TPH&Bun yang telah mengadakan tanam cabai perdana di kelompok tani, Dusun Suka Jaya, Kecamatan Muko-Muko Bathin VII, Kabupaten Bungo.


"Kegiatan ini merupakan salah satu untuk mengendalikan inflasi di Kabupaten Bungo pada umumnya, dan Dusun suka jaya pada khusunya, dimana di bulan April kmrn tingkat inflasi kita mencapai 0,27%.,"Ujarnya.


Selain menanam Cabai perdana tersebut, dirinya juga menyerahkan traktor roda empat, kemudian kultivator dua unit dan juga bantuan pupuk.


"Kami tadi juga menyerahkan alat traktor roda empat, kultivator dua unit dan juga bantuk pupuk NPK kepada petani kita,"Kata Mashuri.


Untuk sentral  di Kecamatan Muko-Muko Bathin VII khususnya di Dusun Suka Jaya ada 7 hektar dan kegiatan tanam cabai ini secara total per tahun mencapai 60 hektar dan ini juga tidak mengandalkan dana APBD, tetapi menggunakan dana Hibah.


" Tanpa menggunakan dana APBD kita, Dusun Suka Jaya telah membuktikan dan bisa hasil menanam cabai ini pertahun nya mencapai 60 hektar,"Ucap Bupati.


Di tempat yang sama kepala Dinas TPH & Bun Kabupaten Bungo Muhammad Hasbi,S.P.,M.si juga menyampaikan, ucapan terimakasih kepada Bupati Bungo yang telah meluangkan waktu untuk bisa hadir di tengah-tengah para kelompok tani Bungo Dani ini.


" Hari ini kita tanam cabai perdana di Dusun Suka Jaya, Kecamatan Muko-Muko Bathin VII bersama pak Bupati Mashuri. Alhamdulillah kegiatan tersebut berjalan dengan lancar, tanpa ada hambatan satupun,"Ujarnya.


Hasbi berharap ini benar-benar dimanfaatkan oleh untuk petani tetap melakukan pertanaman terus berkonsultasi ke dinas.


" Tentunya harapan kita dapat meningkatkan produksi produktivitas petani sehingga dengan bantuan alat bantuan ini biaya produksinya rendah itu akan meningkatkan pendapatan APBD Kabupaten Bungo,"Kata Muhammad Hasbi,S.P.,M.si


Muhammad Umar Gandi Selaku Datuk Rio Dusun Suka Jaya menyampaikan,  Terima kasih Atas bantuannya kepada kelompok tani yang ada di Dusun Sukajaya,  Kecamatan Muko-Muko Bathin VII Kabupaten Bungo.


"Yang mana ini salah satu tujuan kami ingin menciptakan perkebunan sektor pertanian di sini, untuk meningkatkan sumber ekonomi masyarakat,"Kata Umar.


Umar berharap kelompok tani Dusun Sukajaya ini makin semangat untuk mengelola perkebunan perkebunan cabe, sayur dan sebagainya.


Dikatakannya lagi saat ini kami baru mempunyai lahan seluas 4 hektar, adapun target kami di tahun 2023 ini kurang lebih kami membuka lahan pertanian seluas 10 hektar,"tutup Datuk Rio Dusun Suka Jaya.  *(eq)*

: tanpa label

Share this Pos