Rabu 10012024

Pemerintah Kabupaten Bungo melalui Dinas BPKAD menggelar kegiatan penyerahan dokumen pelaksanaan anggaran satuan kerja perangkat daerah (DPA-SKPD) tahun anggaran 2024.


Kegiatan itu berlangsung di ruang pola Kantor Bupati Bungo yang di hadiri oleh Bupati Bungo H.Mashuri.S.P.M.E, Staf ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, dan Para Camat.


Bupati Bungo H.Mashuri.S.P.M.E dalam sambutannya mengatakan nya, dengan telah di serahkannya  DPA-SKPD tahun anggaran 2024, ia menghimbau kepada seluruh kepala perangkat daerah dan camat dapat bekerja keras dengan dan serius, dalam mencapai target program kegiatan dan sub kegiatan yang telah di tetapkan dalam DPA-SKPD masing-masing.


"Pada kesempatan itu Bupati menyampaikan apresiasi kepada segenap anggota TAPD yang telah memberi warna baru, dan berhasil mengawal tahapan APBD tahun anggaran 2024 ini, mulai dari penyusunan rancangan KUA PPAS, di lanjutkan penyampaian KUA PPAS kepada DPRD, tahapan pembahasan dan persetujuan KUAS PPAS oleh DPRD, hingga penetapan APBD dengan tepat waktu, bahkan kita lebih dahulu di bandingkan penetapan APBD pemerintah Daerah lainnya dalam Provinsi Jambi.,"Katanya, 


Selain itu Pemkab Bungo juga patut bersyukur bahwa proses PBJ jauh lebih awal di bandingkan dengan tahun anggaran sebelum nya. Bahwa, data APBD sudah terkoneksi dari aplikasi SIPD ke aplikasi SIRUP, sehingga pelaksanaan PBJ sudah dapat di jalankan secara digital.


"Tantangan yang akan datang, selain menjaga tahapan APBD tepat waktu adalah bagaimana meningkatkan kualitas APBD itu sendiri, dalam artian kata bangunan APBD makin kokoh. Dimana anggaran pendapatan daerah yang bersumber dari pemerintah pusat berupa pendanaan khusus DAK, DBH, Dan DID (DIF) makin meningkat signifikan, termasuk PAD,"jelasnya.


Selain itu pagu alokasi dana pusat yang diterima dari kementerian keuangan dapat terserat dalam RKUD 100%, sehingga tidak ada yang hangus seperti tahun-tahun sebelumnya.


"Kita berharap nantinya anggaran itu di mulai dari APBD APBD -Provinsi maupun dari dana APBN bisa di gunakan dengan 100% di OPD tertentu,"Ucapnya. *(eq)*

: tanpa label

Share this Pos