Program Pendaftaran Ulang Pegawai Negeri Sipil (PUPNS) secara elektronik menunjukkan hasil yang menggembirakan. Hingga kemarin, (21/9) sudah mencapai 5000 PNS yang melakukan registrasi. Itu artinya menurut Kepala Bada Diklat Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kabupaten Bungo, M Yusuf melalui Kabid Perencanaan dan Informasi Kepegawaia, Ahmad Buhari sudah ada 80 persen dari total PNS yang jumlahnya hanya 6300 orang. "Sampai sekarang sudah 80 persen melakukan registrasi", ucap Buhari.

Tapi katanya kebanyakan PNS itu baru sebatas melakukan registrasi. Belum sampai ke tahap berikutnya mencocokkan data dengan program PUPNS secara elektronik. Paling tidak katanya, ini sudah menunjukkan hasil yang menggembirakan. Tahap berikutnya kata Dia tentu sambil berjalan, setelah melakukan registrasi maka selanjutnya PNS yang mendaftar secara elektronik itu mengikuti semua perintah yang ada lalu mencocokkan dengan data PNS secara pribadi. "Itulah yang kita lakukan sosialisasi", sambung buhari disela sosialisasi program PUPNS elektronik di ruang Pola Kantor Bupati Bungo kemarin.

Katanya sosialisasi itu mengundang seluruh Kepala SKPD dan tenaga teknis tentang kepegawaian. Sementara hari ini, (22/9) sosialisasi akan dilanjutkan untuk para UPTD, Kantor Camat, Lurah dan Instansi lain dik Kecamatan hingga Kelurahan. "Pemateri dari Kantor Regional BKN Palembang. Segala sesuatu tentang program ini disosialisasikan oleh pemateri", ungkap Ahmad Buhari. Kemudian, selain mendaftar secara online, PNS juga harus menyerahkan dokumen data kepegawaian ke Instansi masing-masing. Setelah itu katanya dilakukan verifikasi berjenjang dari SKPD, BKD, BKN Regional hingga ke pusat. "Jadi akan dicocokkan data secara online dengan data manual. Selama proses ini setiap PNS bisa mengakses data pribadinya via internet. PNS bisa langsung mengawal proses itu, kalau ada yang tidak pas bisa langsung komplain", pungkasnya.

: tanpa label

Share this Pos