Rabu 07092022

Sekda Bungo Hadiri Upacara Hari Pramuka ke 61 Tahun 2022 di Provinsi Jambi


Sekda Bungo Drs. Mursidi, MM Sekretaris Mabicab didampingi Kaban Kesbangpol Drs. Tobroni Yusuf dan Plt. Kadis Kominfo dan Persandian Bungo yang juga selaku Wakil Sekretaris Mabi Cabang dan Wakil Ketua Bidang Sarpras Kabupaten Bungo menghadiri Upacara Hari Pramuka di Lapangan Kantor Gubernur Jambi,


Tampak hadir dalam acara ini Prof. Dr. Sri Pruyono Waka Kwarnas Bidang Perencanaan Pengembangan Pramuka, Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos, MH, Sekda Provinsi Jambi sekaligus Ketua Kwarda  Provinsi Jambi Sudirman, SH, MH, Wagub Jambi H. Abdullah Sani, Korem 042/Gapu, Kapolda Jambi, semua Mabicab Pramuka maupun pengurus pramuka Provinsi Jambi dan Kabupaten se-Provinsi para Kepala OPD serta undangan lainnya.


Gubernur dalam arahannya yang membacakan pidato Ketua Kwartir Nasional Pramuka Komjen. Budi Waseso menyampaikan hari ini merupakan peringatan Hari Pramuka ke-61 Tahun 2022.


"Hari ini adalah hari dimana kita segenap anggota Gerakan Pramuka Indonesia bersukacita karena organisasi pendidikan kepanduan praja muda klyang kita cintai genap berusia 61 tahun tahun," kata Al Haris.


Untuk itulah kita perlu mengucapkan rasa syukur kita kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat dan berkah dapat berkembang bersama gerakan Pramuka dengan tema utama Peringatan Hari Pramuka ke-61 dan semua kegiatan di tingkat nasional pada tahun ini adalah mengabdi tanpa batas untuk membangun ketangguhan bangsa," jelasnya.


Tema ini menunjukkan tekad kita untuk terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang pengabdian yang kita lakukan adalah bagian dari pendidikan di dalam gerakan Pramuka sejak usia Pramuka siaga adik-adik kita telah mendidik untuk memberikan perhatian terhadap sesama siap membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan hal itu bisa dimulai dengan cara-cara sederhana dan dilakukan di lingkungan keluarga kita masing-masing maupun di lingkungan masyarakat di sekitar tempat tinggal kita semua bentuk pengabdian yang kita lakukan sejalan dengan kode kehormatan kita yaitu Dwi Satya dan Dwi Dharma untuk pramuka siaga, setia dan dasa dharma untuk golongan pramuka lainnya di semua gerakan Pramuka.


Melalui hari pramuka ke- 61 marilah kita saling menolong dalam semangat persaudaraan tanpa membeda-bedakan suku agama ras dan antar golongan.


Kakak-kakak dan adik-adik yang saya banggakan saat ini kita masih dalam situasi pandemi covid-19 dari tahun 2019 lalu. Untuk itu marilah saling membantu mengatasi dan menanggulanginya.


Gerakan Pramuka telah melakukan banyak hal, saya berharap agar kegiatan ini terus dilaksanakan sehingga pandemi segera berlalu dan kita bisa berterima kasih atas peran serta semua yang terlibat dalam membantu menanggulangi pandemi covid-19 antara lain melalui kegiatan Gerakan Pramuka melalui kedisiplinan nasional dengan mematuhi protokol kesehatan dan mengajak sebanyak mungkin orang untuk juga patuh pada protokol kesehatan serta kegiatan gerakan kependudukan nasional dengan menunjukkan sikap empati dan simpati siap menolong mereka yang terdampak karena pandemi ini.


Kakak-kakak dan adik-adik telah menunjukkan sikap seorang Pramuka sejati yang siap menolong siapapun yang membutuhkan bantuan percayalah apa yang kakak-kakak dan adik-adik lakukan akan menjadi ladang amal bagi kakak dan adik semua dan semoga menjadi pahala yang dicatat kebaikannya.


Bersamaan dengan peringatan Hari Pramuka ke 61 tahun ini khawatir pramuka melaksanakan dan menyelenggarakan jambore nasional atau Jamnas XI Tahun 2022.


Jamnas tersebut dilaksanakan di Buperta Cibubur di tanggal 14 sampai 21 Agustus 2022 lalu dan diikuti oleh kontingen dari seluruh Indonesia ditambah dari gugus depan yang berpangkalan di Perwakilan RI di luar Negeri dan sejumlah tamu undangan para pandu dan tokoh pandu dari berbagai negara Jamnas tersebut diselenggarakan dengan tema ceria modifikasi berprestasi.


Pramuka berharap tema itu juga dapat diterapkan oleh semua anggota Gerakan Pramuka terutama adik-adik peserta didik di manapun berada baik yang ikut maupun yang tidak ikut jamnas marilah kita tetap ceria dalam menjalin persaudaraan dengan sesama anak bangsa selalu pendidikan kasih dalam semua aktivitas kita baik di sekolah kampus tempat pekerjaan maupun lainnya dan berusaha mencapai prestasi sebaik-baiknya dalam bidang-bidang yang kakak dan adik tekuni pada tahun ini.


Kemudian juga akan ada sejumlah kegiatan nasional lainnya diantaranya Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara seperti sekarang tingkat Nasional di Sumatera Selatan perkembangan antara satuan karya tingkat nasional di Bangka Belitung dan perkemahan bela negara di Bengkulu marilah kita dukung dan ikut menyukseskan kegiatan-kegiatan tersebut.


Akhirnya saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional dan Wakil Ketua Majelis Nasional Gerakan Pramuka, para Menteri, Panglima TNI, Kapolri dan semua pejabat negara di tingkat nasional di pusat para gubernur, walikota Bupati dan camat sebagai Ketua majelis pembimbing daerah, majelis pembimbing cabang dan majelis pembimbing ranting para pembina gugus depan di mana saja dan semua pihak yang ikut membantu mengembangkan Gerakan Pramuka khususnya pada para Ketua, Wakil Ketua dan anggota majelis pembimbing di semua tingkatan saya berharap agar dapat terus memberikan bimbingan serta bantuan model dan material untuk memajukan Gerakan Pramuka.


Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada orang tua yang telah mempercayakan anak-anak didik di dalam gGerakan Pramuka serta masyarakat luas yang selalu mendukung gerakan pendidikan kepanduan yang kita cintai bersama," tutup Gubernur Jambi.


Dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada para pembimbing, pengurus dan anggota pramuka berprestasi. *(eq)*

: tanpa label

Share this Pos