Selasa 27092022

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bungo melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) bertema "Penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Bungo 2022-2024 tahun anggaran 2022".



FGD menghadirkan narasumber sebagai tenaga ahli validasi dari Dosen Universitas Jambi (Unja). Sedangkan hadir dalam acara FGD Bupati Bungo,H.Mashuri.SP.ME, Asisten III Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala OPD di Lingkup Kabupaten Bungo, Para Kabag, Para Camat, serta para staf Kantor Bupati Bungo.


Giyatno,S.Sos.,M.Si selaku Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bungo dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh hadiri dan mengharap kepada peserta FGD untuk mengikuti dengan baik. 


Dalam FGD ini perlunya mengetahui yang benar-benar matang karena akan menentukan ke depan dalam penyusunan Perda Bungo tentang Rencana tata ruang wilayah (RTRW) dan KLHS (Kawasan lingkungan hidup strategi) dua puluh tahun yang akan datang, maka beberapa hal yang harus diperhatikan tentang isu-isu tersebut , potensi, permasalahan dan proposal program dari Kabupaten Bungo.


 Beberapa yang perlu diperhatikan antara lain: Sektor lingkungan hidup (udara, udara, tanah, lahan), biodiversitas, Iklim, Infrastruktur (air bersih, jalan, telekomunikasi, listrik, air limbah, drainase, air minum, persampahan), Perekonomian ( wisata, perdagangan, hotel, UMKM, Industri), Kelembagaan dan Sosial Kependudukan Sarana (kesehatan, pendidikan, pasar, RTH), Pertanian, Perkebunan dan kehutanan. 


Hal tersebut tidak akan lepas dari keterlibatan masyarakat, tujuan pelibatan masyarakat adalah membuka kesempatan masyarakat untuk terlibat dalam keputusan merumuskan isu pembangunan berkelanjutan dan pengambilan


Sementara itu Bupati Bungo HMashuri.SP.ME dalam sambutannya mengatakan, sambutan ini, kami atas nama pemerintah Kabupaten Bungo menyambut baik dengan kegiatan Focus group discussion (FGD), melalui FGD ini saya harap dapat membangun kesamaan persamaan persepsi.


"Selain itu saya juga berharap kepada seluruh pemangku kepentingan atas terlaksananya forum group discussion (FGD) dapat membantu dan berperan aktif selama pembangunan dan pengembangannya,"Kata Bupati


Seperti yang kita ketahui, melalui FDG ini kita bisa bersama untuk melaksanakan kajian lingkungan hidup, karena di daerah kita ini sangat banyak potensi alam yang perlu kita jaga bersama,"Ungkap Bupati.


Selain itu, berbagai warisan dan Keragaman memiliki potensi yang sangat luar biasa menjadi keunggulan tersendiri atas kekayaan alam dan budak Kabupaten Bungo punya yang mampu menonjolkan potensi alam baik di kancah nasional maupun di kancah internasional.


"Penetapan dan pengelolaan potensi ini tentu membutuhkan peran dari pemangku kepentingan, yang diwakili oleh Kepala OPD, Kabag, dan camat ini, sejalan dengan itu, maka saya melibatkan seluruh yang hadir disini untuk berperan aktif dalam mengkaji lingkungan hidup ini,"Pungkasnya. *(persamaan)*

: tanpa label

Share this Pos