03112022

Ribuan Taman Kanak-kanak (TK) di Kabupaten Bungo pada halaman Bupati, langsung mendatangi anak-anak TK untuk mengikuti kegiatan manasik haji, kegiatan yang di gagas oleh guru taman kanak-kanak Indonesia Kabupaten Bungo (IGTKI) ini di buka oleh Bupati Bungo H.Mashuri.SP.ME.


Pembukaan tersebut di hadiri oleh Sekda Bung Drs.Mursidi.,MM, Bunda Paud Dr.Hj Verawaty Mashuri.,M.Pd, Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD,Para Kabag ,Camat, serta para wali murid para anak TK yang sedang mengikuti pelatihan manasik haji.


Ketua panitia Khusnul khatimah S.Pdi mengatakan, IGTKI Kabupaten Bungo merupakan guru organisasi TK yang memiliki peran dalam mencerdaskan anak bangsa terutama anak usia dini. 


"Dalam hal ini khususnya di lingkup Kabupaten Bungo IGTKI dari masa ke masa selalu aktif dalam berbagai kegiatan baik berupa kegiatan guru maupun kegiatan anak usia dini, berdasarkan dari pemikiran inilah, pada hari ini IGTKI menyelenggarakan kegiatan peragaan manasik haji tingkat kabupaten Bungo,"Ujar Ketua panitia.


Agenda kegiatan ini merupakan kegiatan penanaman nilai-nilai agama yang dilaksanakan IGTKI yakni mencakup kegiatan diantaranya


1. Kegiatan lomba mewarnai gambar Ka'bah.


2.lomba melafazkan mengumandangkan adzan.


3. lomba melafazkan surat al-fatihah dan peragaan manasik haji.


Khusnul Khotimah menambahkan,tujuan kegiatan ini bertujuan mengembangkan bakat anak usia dini dan pengenalan peragaan ibadah haji pada anak usia dini, adapun kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 2 sampai tanggal 3 November 2022 bertempat di balai adat Kabupaten Bungo dan di lapangan kantor Bupati.


Adapun peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 47 lembaga dan diikuti dengan rincian peserta mewarnai dan manasik haji sebanyak 1434 peserta, kemudian lomba mewarnai gambar sebanyak 1434 peserta, lomba adzan sebanyak 54 peserta dan lomba surat al-fatihah sebanyak 183 peserta.,"Kata Khusnul Khatimah.


Sementara itu Bupati Bungo H.Mashuri.,SP.ME dalam sambutannya mengatakan, meskipun secara syariat anak-anak belum diberikan beban atau pun kewajiban untuk melaksanakan ibadah haji, namun sebagai orang tua wajib untuk memperkenalkan dan memberikan pemahaman sejak dini, tentang salah satu kewajiban sebagai seorang muslim



“Memang ini hanya bersifat pengenalan luarnya saja, tujuannya agar mereka memiliki ingatan yang kuat, pada saat nanti mereka melaksanakan rukun Islam yang kelima,” ujarnya.


Disisi lain tujuan IGTKI  mengadakan kegiatan lain, untuk melatih anak-anak usia dini dalam menjalankan ibadah haji secara seksama. Selain sebagai sarana edukasi dan pengenalan bagi masyarakat terutama para pengurus muda seperti yang dilaksanakan oleh IGTKI ini.


"Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa mengikuti pelatihan ini dengan semangat oleh orang tua dan guru TK se Kabupaten Bungo ini,"Ucap Bupati Bungo H.Mashuri.SP.ME. *(persamaan)*

: tanpa label

Share this Pos