Minggu 27112022

Bank  Indonesia bersama dengan tim pengendalian inflasi daerah (TPID) Kabupaten Bungo terus berkomitmen dalam menjaga terkendalinya inflasi di Kabupaten Bungo.


Hal tersebut diwujudkan melalui gelaran sinergi gerakan nasional pengendalian inflasi pangan ( Gernas PIP),  di halaman rumah dinas Bupati Bungo.


Gernas PIP menjadi langkah komitmen bersama untuk mengoptimalkan langkah-langkah pengendalian inflasi dari sisi suplai dan mendorong produksi guna mendukung ketahanan pangan secara integratif, masif, dan berdampak nasional.


Kegiatan ini mencakup Perluasan Kerjasama Antar Daerah, Komitmen penyelenggaraan Operasi Pasar daerah rentan gejolak inflasi di Kabupaten Bungo.


Acara di hadiri oleh Wakil Bupati Bungo, pimpinan DPRD Bungo beserta anggota, Kepala BI perwakilan Provinsi Jambi, staf ahli Bupati, asisten,kepala OPD,para Kabag, camat, lurah dan undangan yang lainnya.


Kepala BI Perwakilan Provinsi Jambi Eva Ariesty mengatakan, mengajak seluruh pihak yang hadir untuk menggelorakan semangat dan berjuang bersama dalam mengendalikan inflasi khususnya inflasi pangan. Hal tersebut mengingat saat ini Indonesia tengah dihadapkan pada berbagai tantangan seperti ketidakpastian ekonomi global dan risiko stagflasi. 


Lebih lanjut Suti menegaskan "Sinergi dan langkah bersama yang dapat ditempuh ditujukan untuk mengendalikan inflasi pangan pada 2022. 


"Hal ini karena inflasi pangan memiliki bobot yang cukup besar dari komposisi pengeluaran masyarakat, sehingga pengendalian inflasi akan memberikan dampak sosial yang besar untuk kesejahteraan masyarakat. Upaya sinergi antar daerah diperlukan untuk mencukupi kelangkaan pangan serta meningkatkan kapasitas produksi sebagai langkah antisipasi gejolak ketahanan pangan". Ucapnya.


Sementara itu Wakil Bupati Bungo H.Safrudin Dwi Aprianto.,S.Pd menyampaikan, selamat datang kepada deputi kepala BI provinsi Jambi Eva Ariesty di Bumi langkah serentak limbai seayun Kabupaten Bungo.


"Apresiasi yang tinggi patut pula saya sampaikan kepada BI Perwakilan Provinsi Jambi dan badan urusan logistik (Bulog) korwil provinsi Jambi telah menginisiasi GNPIP tingkat Kabupaten Bungo pada hari ini,"Ujar Apri.


Dalam kurun lebih kurang 6 bulan terakhir perekonomian nasional diwarnai oleh tingginya angka inflasi di sejumlah daerah. Berbagai upaya telah dilakukan, akan tetapi secara makro kondisi ekonomi di tanah air sulit untuk di kategorikan dalam kondisi baik-baik saja.


"Begitu pula dengan kabupaten Bungo. Fluktuatif nya kondisi perekonomian di Kabupaten Bungo pada 3 bulan terakhir, yaitu Agustus deflasi 1,44%, September Deflasi 1,10% dan Oktober Deflasi 1,14%,"Kata Wakil Bupati Bungo 2 periode ini.


Acara tersebut di selingi dengan lari pagi bersama, pasar murah, dan pembagian doorprize. *(eq)*

: tanpa label

Share this Pos