Jumat 19052023

Pemerintah Kabupaten Bungo menggelar apel kesiagaan dan peralatan Karhutla tahun 2023.


Apel kesiagaan dan peralatan Karhutla tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Bungo H.Safrudin Dwi Aprianto,S.pd. 


Hadir dalam apel tersebut, Bupati Bungo H.Mashuri.S.P.ME Danidm 0416 Bute, Kapolres Bungo yang di wakili oleh Kabag OPS, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Staf ahli Bupati, asisten, kepala OPD,Para Kabag, Camat, serta peserta apel kesiagaan dan peralatan Karhutla.


Sebelum menggelar apel, Bupati Bungo, Wakil Bupati, Unsur Forkopimda terlebih dahul mengecek peralatan Karhutla seperti kendaraan roda dua dan empat.


Wakil Bupati Bungo H.Safrudin Dwi Aprianto,S.pd dalam amanatnya mengatakan, langkah starategis pertama untuk mewujudkan sinergitas antar stakeholder terkait dalam penanggulangan bencana, dengan tujuan untuk mengetahui kekuatan personil, kesiapan saran dan prasarana serta untuk memastikan agar penanggulangan bencana dilaksanakan secara terencana, terpadu, terkoordinasi, dan menyeluruh guna memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman, risiko, dan dampak bencana kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Bungo.


Penyelenggaraan bencana merupakan, tanggung jawab dan wewenang pemerintah dan pemerintah Daerah yang di laksanakan bersama -sama.


Kepada anggota satgas siaga darurat pencegahan dan pengendalian Karhutla Kabupaten Bungo dan semua kita agar bersama-sama mengarahkan seluruh kekuatan mulai dari camat, Kapolsek, Bhabinkamtibmas, Danramil, Babinsa untuk bersama-sama memberikan edukasi kepada masyarakat menyampaikan informasi dengan cepat dan upaya mencegah dan mengantisipasi sekecil apapun karhutla sedini mungkin, termasuk ancaman hukum bagi pelaku pembakar hutan dan lahan.


Selain itu juga ini merupakan langkah antisipasi buat kita, karena tadi disampaikan perkiraan dari BMKG sekarang kita udah masuk musim kemarau di bulan Mei dan puncaknya itu adalah di bulan Juni. 


“Oleh karena itu, kita berharap di Bungo kita juga minta kesiap-siagaan bagi anggota termasuk masyarakat pemerintah daerah sampai ke tingkat pemerintahan Dusun, dan juga TNI, Polri untuk semuanya bersiap siaga. Kami juga merasa masyarakat tidak membuka lahan dengan cara membakar nah kita berharap hari ini kita penyiapan SDM semua kesiapan kita, mudah-mudahan kita punya langkah yang kuat antisipatif menangani ancaman karhutla tahun 2023. *(eq)*

: tanpa label

Share this Pos