Jum'at  29092023

Dalam rangka memperingati hari Pramuka Ke -62 tahun 2023. Kwartir Cabang (Kwarcab )Gerakan Pramuka Kabupaten Bungo melaksanakan apel besar hari Pramuka Ke-62.Kegiatan ini berlangsung di lapangan Upacara Kantor Camat Pelepat Ilir, Kabupaten Bungo.


Kegiatan ini merupakan rangkaian hari Pramuka Nasional ke-62 dengan mengusung tema" Sumber Daya Manusia yang profesional dan berwawasan kebangsaan".


Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Bungo H.Safrudin Dwi Aprianto,S.Pd.,M.M mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan apel besar hari Pramuka Nasional ke-62 tahun 2023, khususunya kwartir ranting Pramuka Pelepat Ilir sebagai tuan rumah.


"Selain itu ia juga memberikan apresiasi kepada Dinas Lingkungan Hidup (LH) yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan pertikauan regional Sumatera tahun 2023 di Bumi Perkemahan Merangin semoga ini termasuk agenda tahunan untuk masing-masing satuan karya,"Ujarnya.


Harus diakui bahwa Pramuka memiliki makna yang sangat dalam, Pramuka singkatan dari Praja muda Karana yang berarti generasi muda yang berkarya, jadi menjadi kewajiban sebagai orang tua, tenaga pendidik, yang ikut bergerak di dalam roda pemerintahan untuk selalu memberikan support dukungan sistem dalam segala bentuk kegiatan Pramuka.


"Kami juga berharap seluruh sekolah di Kabupaten Bungo mulai dari SD, SMP,dan SMA sederajat kegiatan Pramuka bisa aktif semuanya. Sehingga dengan nantinya bisa menjadi salah satu kwartir daerah Pramuka Jambi sebagai wadah Candra di muka pembentukan karakter anggota Pramuka Garuda simpatik, di balik itu ka Kwarcab Pramuka Kabupaten Bungo juga memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Gugus depan (Gudep) yang telah banyak melahirkan Pramuka Garuda,"Katanya, 


Hal ini di harapkan bisa menjadi motivasi bagi gugus depan lainnya dan juga para kamadigus sebagai pemegang kedudukan tertinggi di gugus depan untuk lebih aktif mengikuti kegiatan.


" Melalui tema hari Pramuka Nasional ke-62 tahun 2023 ini "Sumber Daya Manusia yang profesional dan berwawasan kebangsaan".maka Pramuka di Indonesia di harapkan bisa bangun citra positif gerakan Pramuka ke depan dengan mempersiapkan dan melibatkan sumber daya manusia yang profesional dan proporsional dengan cara disiplin, tanggung jawab, kejujuran, dan bekerjasama merupakan pondasi yang harus ditanamkan dalam diri setiap anggota Pramuka, selain itu Pramuka juga mengajarkan untuk selalu sedia dan siap sedia dalam segala situasi dan menjunjung tinggi persatuan dan menghargai keanekaragaman,"Harapnya.



Di tempat yang sama Mapincab Pramuka Kabupaten Bungo H.Mashuri.S.P.M.E dalam sambutannya mengatakan, pramuka adalah wadah bagi generasi muda untuk belajar, berkembang dan berkontribusi kepada masyarakat dan negara. Melalui prinsip-prinsip dan nilai kepramukaan, kita di bentuk untuk memiliki karakter yang kuat, tangguh dan penuh dedikasi, Pramuka juga memberikan kesempatan bagi kita mengembangkan jiwa kepemimpinan, menumbuhkan kreativitas dan mengarahkan keterampilan. 


Oleh karena itu pada Apel besar dalam rangka peringatan hari Pramuka ke-62 ini, saya mengajak kita semua seluruh anggota Pramuka untuk terus mendedikasikan diri bagi masyarakat, daerah dan bangsa Indonesia. Terus lah berkarya dan berkreasi mengabdi bagi negeri."katanya.


Ia menjelaskan "dengan tema "Sumber Daya Manusia yang profesional dan berwawasan kebangsaan".ini mengandung makna bahwa Pramuka Indonesia di harapkan bisa membangun citra positif gerakan Pramuka dengan memiliki sumber daya manusia yang profesional dan proporsional.


" Ini menjadi pengingat bagi kita semua anggota Pramuka, bahwa kita harus mempertahankan nilai penting sebagai pramuka sesuai dengan kode kehormatan kita, Dwi darma dan Dasa Darma Pramuka, Praja muda Karana harus disiplin, bertanggung jawab, jujur dan peduli terhadap sesama,"Jelasnya.


Ikut hadir dalam apel besar hari Pramuka Nasional ke-62 Wakil ketua bidang perencanaan dan pengembangan, Unsur Forkopimda Kabupaten Bungo, Sekretaris Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Bungo, Sekretaris Mabicab Gerakan Pramuka Bungo,Camat Pelepat ilir Ketua TP PKK Kabupaten Bungo, serta para anggota Pramuka. *(eq)*

: tanpa label

Share this Pos