Rabu 15052024

Bupati Bungo H.Mashuri,SP, ME, menghadiri peresmian Gedung Baru Kampus Universitas Muara Bungo (UMB) di Kampus B, UMB Jl. Lintas Sumatera, Kelurahan Sungai Binjai, Kecamatan Bathin III, Muara Bungo, Provinsi Jambi, 


Peresmian gedung baru Kampus UMB tersebut ditandai dengan pemotongan pita dan di hadiri Ketua Pembina YPMMB, Drs. H. Zulfikar Achmad,Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Sekda Bungo, Staf Ahli dan Asisten Bupati, Dandim 0416/BUTE, Wakil Ketua DPRD Bungo Zumiwan Aguza, Para Kepala OPD, Para Kabag, Para Camat, Para Datuk Rio, Rektor UMB, Para Kepala Sekolah, Para Mahasiswa serta tamu undangan lainnya.


Bupati Bungo H.Mashuri dalam kata sambutannya menyampaikan apresiasinya atas berdirinya gedung baru kampus UMB dimana Kampus yang dibangun ini memang strategis sekali dan pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara di Republik kita ini,


"Kami terasa sekali bahwa kita di Bungo ini 10 tahun yang lalu itu Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Bungo ini di urutan ke-9,dan kalau kita lihat lagi data IPM di Kabupaten Bungo ini, khususnya Provinsi Jambi, Kita ini kalau dilihat kita ini masih dibawah rata-rata Nasional, Nasional itu IPM nya kurang lebih antara 73 sampai 74, dan untuk Provinsi Jambi IPM nya 73,50,"sebut Bupati H.Mashuri.


"Di Kabupaten Bungo walaupun kita masih dibawah Provinsi, namun kita IPM nya nomor 4 di Provinsi Jambi, artinya ada ketimpangan IPM di Kabupaten Bungo ini, jadi Daerah yang maju itu kita lihat IPM dan IPM tetap berbagi lurus dengan kesejahteraan dan kemajuan suatu daerah, "ujar H.Mashuri.


Bupati H.Mashuri menambahkan, Kalau kita lihat lagi IPM yang paling tertinggi itu Kota Jambi, Kota Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci, baru Kabupaten Bungo. Semakin Tinggi nilai indeks IPM itu indentik semakin meningkat kesejahteraannya semakin maju suatu daerah, "imbuh H.Mashuri.


Selain itu, Kalau kita lihat lagi Angka Gini Ratio di Kabupaten Bungo dan juga Provinsi Jambi, Gini Ratio di kabupaten di Provinsi Jambi diatas 3,5 artinya ada ketimpangan wilayah yang luar biasa, juga dari ketimpangan Rate antara satu kota, kabupaten dengan kota yang lain di provinsi Jambi, Ini juga menjadi Pekerjaan Rumah (PR,-red) yang besar,berat buat suatu daerah itu maju, harus ada pemerataan pembangunan di Provinsi Jambi ini, sehingga semua Kabupaten di provinsi Jambi ini sama-sama maju.


Untuk majunya suatu Kabupaten itu, butuh semua dari mulai Infrastruktur, Sosial, wilayah, pendidikan, kesehatan dan lain- lainya, "lanjut Bupati H.Mashuri.

"Kita di Kabupaten Bungo beberapa tahun ini berupaya agar IPM kita meningkat dan kita lihat lima tahun IPM kita, dari urutan ke-9 bisa menjadi ke urutan ke-4 itu lompatan yang luar biasa buat Kabupaten Bungo.


Disitu siapa yang berperan, salah satu yang berperan indikator untuk menentukan atau menghitung IPM selain pendapatan perkapita dan lain sebagainya salah satu indikatornya lamanya masyarakat bersekolah, "ungkap H.Mashuri.


Dikesempatan itu Bupati juga mengatakan, bahwa salah satu misi utama di Kabupaten Bungo ini yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pendidikan dan kesehatan yang terjangkau salah satu yang kita tekankan adalah pendidikan, maka kita buat Kabupaten Bungo ini sebagai pusat pendidikan di wilayah Barat," Kata Bupati Bungo H.Mashuri.


"Untuk menuju kesitu selain anggaran kita besarkan untuk keperluan pendidikan, kami juga membantu kampus ini, bukan UMB saja yang kami bantu tapi kami juga bantu Kampus-kampus yang lain baik gedung maupun sarana belajarnya, ini supaya untuk mensejahterakan, mencerdaskan dan meningkatkan IPM di Kabupaten Bungo,"ujar H.Mashuri.


Di akhir kata sambutannya Bupati H.Mashuri menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada kampus dan Yayasan UMB.


"Kami mengucapkan terimakasih ke seluruh kampus yang luar biasa gigih mencerdaskan anak bangsa, dan kepada Yayasan Pendidikan Mandiri Muara Bungo kami mengucapkan selamat sudah memperoleh gedung baru, " Tutup Bupati Bungo H.Mashuri. *(eq)*

: tanpa label

Share this Pos