Rabu 27072022

Pemerintah Kabupaten Bungo terus mendorong konsumsi ikan masyarakat melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Selain untuk kecukupan gizi warga, gerakan ini dilakukan untuk menggeliatkan sektor perikanan daerah.


Wakil Bupati Bungo, H.Safrudin Dwi Aprianto,S.Pd menjelaskan pemkab Bungo terus mendorong peningkatan konsumsi ikan di kalangan masyarakat dengan cara-cara kreatif. Ikan diyakini memiliki kandungan gizi yang sangat bagus, di satu sisi kekayaan ikan di Bungo juga melimpah.


"Ikan itu sumber pangan kaya protein dan omega 3. Konsumsi ikan sangat penting terlebih bagi ibu hamil dan balita. Dan di Bungo sendiri sangat berlimpah sekali produksi ikannya, mulai ikan tangkapan hingga ikan hasil budidaya. Sayang sekali, kalau konsumsi kita tidak optimal," kata Wakil Bupati Bungo  dalam sosialisasi Gemarikan di Kantor Peternakan & Perikanan Kabupaten Bungo



Untuk meningkatkan konsumsi ikan tersebut, Pemkab Bungo juga menggerakkan kader PKK, GOW dan DWP untuk turun langsung mengajak warga mengkonsumsi ikan terutama bagi anak-anak yang duduk di TK, SD maupun SMP 


"Kader-kader harus turun, ajak ibu hamil dan balita serta anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah untuk makan ikan. Protein yang terkandung di ikan sangat bagus, ini bisa cegah stunting. Ini penting," Jelas Wabup.



Wabup menambahkan, pihaknya terus mendorong peningkatan konsumsi ikan dengan berbagai program yang kreatif. Selain lewat kampanye gemarikan, dirinya minta kepada masyarakat untuk mengajak warganya melakukan budidaya ikan dengan memanfaatkan area di lingkungan sekitar. 


"Ini adalah bagian dari upaya peningkatan ketahanan pangan warga. Di masa pandemi ini, kita harus lebih kreatif sehingga bisa tetap produktif dalam situasi sulit ini. Manfaatkan pekarangan sekitar untuk ternak lele, ikan nila. Jadi paling tidak kita bisa konsumsi ikan seminggu tiga kali," tandasnya.


Selain itu, Wakil Bupati juga berharap dinas Peternakan dan perikanan mengenalkan berbagai keterampilan pengolahan ikan melalui berbagai pelatihan. "Ini tadi saya lihat ada beberapa macam ikan,"Jelas Wabup lagi.


Sementara itu Bunda Paud Kabupaten Bungo DR.Hj.Verawaty Mashuri.,M.Pd dalam sambutannya menambahkan sosialisasi ini dilakukan untuk meningkatkan konsumsi ikan Kabupaten Bungo yang mana Tingkat konsumsi ikan di Bungo saat ini di bawah rata-rata angka 36,36 persen.


Salah satu fokus pemerintah saat ini adalah pencegahan stunting. Menurutnya, upaya ini bertujuan agar anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan maksimal, disertai kemampuan emosional, sosial, dan fisik yang siap untuk belajar, serta mampu berinovasi dan berkompetisi di tingkat global.


“Makan ikan menjadi salah satu langkah mencegah stunting, ikan mengandung protein dan banyak vitamin. Mengkonsumsi ikan bisa meningkatkan pertumbuhan tubuh dan kecerdasan,” jelas DR.Verawaty Mashuri.,M.Pd.


Pada kesempatan itu, dia juga mengajak seluruh peserta siswa SD untuk makan ikan. Dia mengatakan dengan makan ikan dapat mencerdaskan otak, meningkatkan imun dan daya tahan tubuh. dia harus menghimbau kepada seluruh guru dan para orang tua agar membiasakan anak-anak untuk mengkonsumsi ikan.


“Ayo kita konsumsi ikan ya anak-anak agar kita menjadi cerdas dan sehat,” tutup Verawaty Mashuri yang juga ketua TP PKK Kabupaten Bungo.


Hadir dalam kesempatan tersebut Staf ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD terkait, para Kabag, kasi serta Guru dan Siswa SD.*(bski)*

: tanpa label

Share this Pos